PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan
kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan
peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak
adalah.....
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan
3. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka
tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang
intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan
kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit
(operasional formal)
SOAL
KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5. Kemampuan
peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral
6. Seorang
peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu
mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu
memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral
B. Spiritual
C. Sosial emosional
D. Kognitif
7. Seorang
peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak
memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain
yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan
cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan ...
A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spritual
SOAL
PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8. Peserta
didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan
tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan ...
A. Penalaran
pascakonvensional
B. Penalaran
konvensional
C. Penalaran
prakonvensional
D. Penalaran
interkonvensional
9. Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ...
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
SOAL
KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A. Mengemukakan
gagasan
B. Mengaktualisasikan
diri
C. Penciptaan
hubungan yang baik
D. Menformulasikan
tindakan
11. Tindakan
yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang
diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa
mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk
dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami
kesulitan
12. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. Kesulitan
akademis
B. Gangguan
simbolik
C. Gangguan
non simbolik
D. Gangguan
sosial
13. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu
siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
14. Cara
yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi
kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A. Sosiometri
B. Angket
C. Wawancara
D. Brainstorming
15. Bila
anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi
pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat
duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi
penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan
bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan
seluruh peserta didik membaca buku sumber
16. Peserta
didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela
menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan,
serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa.
hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor
...
A. Keluarga
B. Sosial
C. Kondisi
fisik
D. Intelektual
SOAL
TEORI BELAJAR
17. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan
dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
18. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
19. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Nativisme
20. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
21. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
SOAL
PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya
dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk
setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Dijabarkan dari....
A. Silabus
untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus
untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus
untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus
untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran
bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi
dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator
: menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan
Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan
komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi
aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
28. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru
sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
A. Metode mengajar yang digunakan guru
B. Karakteristik bahan ajar
C. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
29. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran
sebagai berikut:
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan
penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2) Berperan sebagai
fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara
penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta
konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat
dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
30. Menurut
Piaget, periode perkembangan
operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun.
Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan
media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian
tugas yang tersetruktur.
C. Penggunaan
metode bervariasi
D. Menekankan
berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan
evaluasi
C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
síntesis.
32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain;
berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
35. Kemampuan yang paling penting
dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D. Merawat media dan alat bantu
36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
37. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa
mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan
adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum
dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
38. Bila anda sebagai
guru menemukan peserta didik mengalami
kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan
dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
39. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
40. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara
kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara
fungsional dalam mencapai kompetensi.
41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
42. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak
dipelajari
D. Menarik
minat
43. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang
dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
SOAL
MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
44. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan
pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok
kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke
dalam kriteria...
A. Tujuan
B. Sasaran
didik
C. Ketersediaan
D. Konteks
penggunaan
45. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik
harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik
harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
46. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A. Media
yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. Media
yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C. Media
tradisional dan media berbasis tik
D. Media
dua dimensi dan media tiga dimensi
47. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus
diperhatikan adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur
sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
48. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran
adalah:
A. Media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis
tik
B. Sebuah
media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. Media
dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. Memilih
media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
49. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar
B. Membuat
konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
50. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
51. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. Book
B. Forum
C. Blog
D. E-portofolio
52. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi
mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut
adalah…
A. Program
mencari informasi
B. Program
desktop publishing
C. Program
untuk menjelajahi laman
D. Program
penciptaan laman
53. Seorang
guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat
menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search
engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
A. www.gmail.com
B. www.google.com
C. www.hotmail.com
54. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari
selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
55. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan
berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
- Microsoft
Database
- Microsoft
PowerPoint
- Microsoft Desktop
Publishing
- Microsoft Word
56. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
Spread Sheet
C. Microsoft
Power point
D. Microsoft
Desktop Publishing
57. Tools
pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing.
Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir
pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah...
A. Quiz
B. Page
C. Lesson
D. Blog
58. Dalam
pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran
elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik
adalah…
A. Penulis
konten (content writer)
B. Penata
grafis (design grafis)
C. Perancang
pembelajaran (course design)
D. Pemrogram
komputer (computer programmer).
59. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari
model pembelajaran…
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
60. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna
menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut
bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan
bagian dari model pembelajaran….
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
61. Pak
Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding
question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan
berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut
merupakan model pembelajaran ....
A. Project based
learning
B. Discovery
Learning
C. Problem
Based Learning
D. Inquiry
learning
62. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....
A. Project
based learning
B. Inquiry
learning
C. Discovery
learning
D. Problem
based learning
63. Ketika
memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk
pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil,
siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A. Project
based learning
B. Problem
based learning
C. Discovery
learning
D. Inquiry
learning
64. Sebelum
memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta
didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta
didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik
dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara
itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi,
dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...
A. Inquiry
learning
B. Problem
based learning
C. Project
based learning
D. Discovery
learning
65. Pak
Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini
dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas
kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan
mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses,
cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak
Kandi mencerminkan prinsip model ....
A. Problem
solving learning
B. Problem
based learning
C. Project
based learning
D. Discovery
learning
66. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1) Penentuan
Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain
Perencanaan Proyek,
3) Menyusun
Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of
the Project),
5) Menguji
Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
67. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
2) Orientasi
siswa pada masalah
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan
model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah
....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
68. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.
1) Orientasi
siswa pada masalah
2) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
5) Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam
pembelajaran dengan model ....
A. Discovery
learning
B. Project
based learning
C. Problem
solving learning
D. Problem
based learning
SOAL PENILAIAN
69. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari
kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan
guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan
guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
70. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
71. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
72. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program
tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program
tindak lanjut
73. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
74. Bila Anda sebagai
guru menemukan peserta didik mendapatkan
hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkan tempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
75. Sebelum guru menyusun
soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali
harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal
siswa
76. Salah satu prinsip dalam
penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan
yang harus diukur
B. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran
C. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang
kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk
semua aspek kompetensi
77. Instrumen penilaian hasil
belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai
dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang
dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf
perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan
ulangan akhir semester
78. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria
ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
79. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua
peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung
nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
80. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru
dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
81. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
82. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak
dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
A. Membuat
laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B. Menyampaikan
laporan ke atasannya
C. Menyusun
rencana tindak lanjut
D. Menyusun
laporan hasil pemantauan
83. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai
ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
84. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. Tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. Sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
85. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
86. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A. Menentukan
kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi
siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
C. Mencari
letak kelemahan
secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan
pengajaran remidi
87. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan
penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam suatu
album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
88. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa
dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. Kondusif
SOAL
PENDEKATAN PENILAIAN
89. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang
diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan,
sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran
dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu
telah ditetapkan dinamakan ....
A. Penilaian
acuan patokan
B. Penilaian
acuan norma
C. Penilaian
tuntas
D. Penilaian
berkelanjutan
90. Pendekatan
tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi
skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini
(PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. Penilaian
menyeluruh
C. Penilaian
acuan patokan
D. Penilaian
acuan norma
91. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang
didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria
ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan
mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung,
dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan
penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A. Penilaian
berkelanjutan
B. Penilaian
autentik
C. Penilaian
acuan patokan
D. Penilaian
acuan norma
SOAL
TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN
92. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. Tujuan
penilaian
B. Prinsip
penilaian
C. Fungsi
penilaian
D. Hasil
penilaian
93. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. Prinsip
penilaian
B. Tujuan
penilaian
C. Fungsi
penilaian
D. Bentuk
penilaian.
94. Fungsi
penilaian yang tepat adalah …
A. Alat
meningkatkan prestasi peserta didik
B. Alat
untuk menemukan gaya belajar peserta didik
C. Membantu
peserta didik memahami materi pembelajaran
D. Sebagai
kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan
peserta didik.
95. Assesment
hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai
berikut, kecuali:
A. Objektif
B. Adil
C. Kooperatif
D. Terpadu.
96. Penilaian
yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. Adil
B. Objektif
C. Valid
D. Sistematis
97. Penilaian
yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. Adil
B. Akuntabel
C. Valid
D. Sistematis
98. Penilaian
yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. Adil
B. Objektif
C. Valid
D. Sistematis
99. Di
bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil
belajar peserta didik, kecuali….
A. Ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. Menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. Ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D. Dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
SOAL
PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
100. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
101. Berdasarkan
data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata
hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga
mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang
mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan
oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung
dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D. Memberi
tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
102. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
103. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. Tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. Sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
104. Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. Merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
SOAL
PTK
105. Agar
dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan.
Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. Merumuskan
masalah
B. Mengidentifikasi
masalah
C. Merancang
PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. Menyusun
proposal penelitian
106. Mengetahui
proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c)
keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut
menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK
pada langkah ….
A. Refleksi
B. Observasi
C. Perencanaan
D. Pelaksanaan
107. Model
rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini
sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis
penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. Observasi
--> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. Refleksi
--> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. Perencanaan
--> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. Perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
108. Rumusan
masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan
masalah PTK?
A. Apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri
2 Boyolali?
B. Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode
tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa
siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan
nasional?
D. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
109. Dalam
Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. Kerisauan
guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. Keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C. Keinginan
untuk membantu guru
D. Kepedulian
peneliti akan kinerja guru
110. Di
bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran
diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan
yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya
empiris dan sistematis
111. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan
data
B. Menganalisis
masalah
C. Mencapai
tujuan
D. Menentukan
ruang lingkup
112. Peran
guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru
dan Peneliti
D. Objek
Penelitian
113. Berikut
ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan
tindakan
B. Observasi
dan intepretasi
C. Diskusi
balikan
D. Analisis
data
114. Tujuan
PTK adalah…
A. Perbaikan
KBM
B. Menyusun
teori baru
C. Memperbaiki
teori
D. Menyusun
generalisasi
115. Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
116. Latar
belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari
PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
117. Persiapan
awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan
cara wawancara
B. Membuat
analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat
rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan
fasilitas dan sarana
118. Proposal
penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan
untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian
tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian
projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
119. Berikut
ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi
solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis
kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan
tindakan
D. Observasi
dan inperetasi.
SOAL
REFLEKSI PEMBELAJARAN
120. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. Untuk
mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. Untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D. Untuk
mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan peserta pendidik.
121. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk
melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
122. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
123. Refleksi
terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan
beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
124. Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa
peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah
proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah
kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. Mengapa
peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang
kita lakukan
125. Pernyataan
berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah…
adalah…
A. Refleksi
merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi
terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan
pembelajaran.
B. Refleksi
merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah
pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi
diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran
yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
D. Refleksi
adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan
data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.
0 komentar:
Posting Komentar